Mengenal Ubisoft & Uplay

Ubisoft

Ubisoft merupakan salah satu perusahaan game terbesar di dunia yang berpusat di Montreuil, Prancis. Di tahun 2018, Ubisoft sukses menjadi salah satu perusahaan game publik di Amerika dan Eropa yang memiliki pendapatan terbesar. 

Ubisoft berada di peringkat keempat di bawah Activision Blizzard, Electronic Arts, dan Take-Two Interactive. Ubisoft ini telah berkarir di industri teknologi komputer dan video game sejak tahun 1986, dan Ubisoft telah menghasilkan ratusan game. Game keluaran Ubisoft sendiri menggunakan teknologi game engine yang telah mereka kembangkan sendiri, yaitu AnvilNext dan Dunia Engine.

Anvil Engine merupakan engine yang digunakan khusus untuk game andalan mereka, Assassin’s Creed. Anvil telah mengalami perubahan dan yang paling kentara adalah Anvil Next di mana engine ini lebih detail dan superior dari segala aspek.

Sedangkan Dunia Engine adalah perpanjangan tangan dari Engine Cry yang dimiliki oleh Crytek. Dunia Engine digunakan untuk game seperti Far Cry yang memiliki tingkat visual yang cukup bagus untuk game-game sekelasnya sekaligus membuat Ubisoft bisa membuat game open world yang detail dengan sudut pandang orang pertama. Dunia Engine membantu Far Cry tampil ciamik dan diakui sebagai salah satu game dengan visualisasi terbaik yang pernah dibuat.

Game-game tersebut dikenal dengan kualitas grafis yang realistis dan gameplay yang menegangkan. Namun, faktor-faktor tersebut membuat game Ubisoft dijual dengan harga yang cukup mahal. Kamu bisa membeli game Ubisoft versi PC di layanan portal game Steam dan Uplay sedangkan versi console di layanan PlayStation Store, Nintendo Game Store dan Microsoft Store.

UPlay

Uplay adalah distribusi digital, manajemen hak digital, multipemain dan layanan komunikasi yang dikembangkan oleh Massive Entertainment untuk memberikan pengalaman yang mirip dengan prestasi/penghargaan yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan game lainnya. Layanan ini disediakan di berbagai platform. Uplay digunakan secara eksklusif oleh game pihak pertama Ubisoft, dan meskipun beberapa pihak ketiga dijual melalui toko Uplay, mereka tidak menggunakan platform Uplay. 

Uplay memungkinkan pemain untuk terhubung dengan gamer lain, dan untuk mendapatkan hadiah berdasarkan prestasi (disebut "Aksi") dalam game yang mendukung Uplay, dengan CEO Ubisoft Yves Guillemot menyatakan bahwa "semakin Anda bermain, semakin banyak barang gratis yang dapat Anda miliki".Setiap permainan yang mendukung Uplay memiliki empat Tindakan spesifik yang dapat diselesaikan, menghasilkan poin pemain Uplay, yang disebut sebagai Unit. Setiap Aksi memberi pemain 5, 10, 15, 20, 30 atau 40 Unit, yang kemudian dapat digunakan untuk membuka kunci hadiah terkait game; meskipun Unit tidak terikat dengan game spesifik tempat mereka mendapatkannya, dan dapat digunakan untuk membeli hadiah dari game apa pun yang tersedia.

Klien desktop Uplay dirilis pada 3 Juli 2012, menggantikan Ubisoft Game Launcher. Klien desktop menghubungkan fitur mata uang dan hadiah Uplay, dan menautkan profil Ubi pemain di seluruh platform (konsol, Facebook, PC, dan seluler) dalam satu aplikasi. Klien ini mirip dengan klien desktop Steam Valve dan Origin EA — tempat pengguna dapat membeli dan memulai game dari aplikasi.

Diperlukan satu akun Uplay untuk mengakses klien, yang dapat digunakan di seluruh platform (konsol, PC dan seluler) dan untuk mengakses situs online, dan forum Ubisoft. Jika pelanggan sudah memiliki akun Uplay, mereka dapat menggunakan kredensial akun yang ada untuk masuk ke klien desktop Uplay. Jika tidak, mereka akan diminta untuk membuat akun baru setelah koneksi pertama mereka ke klien.

Referensi : 


Komentar

Postingan Populer